5 Langkah Sebelum Anda Membangun Rumah

Rumah berkepemilikan pribadi adalah satu dari harapan semua orang, khususnya mereka yang sudah berkeluarga. Hal ini dikarenakan rumah termasuk dalam kebutuhan pokok dalam kehidupan manusia. Maka sangatlah wajar apabila keberadaannya begitu diprioritaskan.

Tidak hanya berfungsi sebagai tempat tinggal semata. Rumah bisa juga menjadi sebuah investasi menjanjikan. Sebagai contoh, Anda bisa melihat beberapa orang yang rela mengeluarkan uang banyak untuk membeli sebuah rumah di kawasan dekat kampus. Sehingga rumah tersebut layak menjadi tempat kost untuk para mahasiswa.

Nah, bagi Anda yang tertarik untuk memulai bangun rumah sendiri, tentu saja ada beberapa hal yang harus dipersiapkan terlebih dulu. Apa sajakah itu? Simak ulasan selengkanya berikut ini.

Finansial

Sudah menjadi hal yang lumrah apabila pembangunan sebuah rumah membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Meski demikian, Anda harus pintar mengelola perputaran arus keuangan.

Jika masih memungkinkan, pastikan Anda telah menyiapkan uang dari tabungan pribadi. Bukan dari hasil dari pinjaman. Terlepas dari pinjaman hutang bank konvensional maupun kerabat terdekat.

Usut punya usut, berhutang justru akan memberatkan alur pengelolaan finansial Anda. Pastikan uang yang ada di tangan Anda sudah berjalan sefektif mungkin sesuai rencana.

Rencana Anggaran Biaya

Masih dalam pembahasan terkait dengan pengelolaan finansial. Kini saatnya Anda mulai menghitung-hitung kebutuhan biaya rumah. Pastikan semua perhitungan tersebut detail. Tidak hanya sesuai dengan keinginan, namun juga harus sesuai dengan tingkat kebutuhan rumah itu sendiri.

Perencanaan anggaran tersebut dimulai dari jumlah kebutuhan bahan dan tenaga alias kuli bangunan. Berbekal perhitungan anggaran biaya yang baik, maka Anda bisa mengira-ngira berapa biaya pembangunan rumah tersebut. Sehingga Anda akan diminamalisir apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dalam mengatur keungan kedepannya.

Memilih Jasa Arsitek atau Kontraktor

Jika kedua poin di atas tadi sudah matang persiapannya, maka lanjutkan persiapan berikutnya yakni memilih tenaga kerja. Dalam membangun sebuah rumah, Anda mungkin berasumsi “Jika menggunakan jasa kuli saja sudah bisa, untuk apa harus menggunakan jasa arsitek?”

Asumsi tersebut memang tidak sepenuhnya salah, sekaligus tidak benar sepenuhnya. Sebab jasa arsitek merupakan orang ahli yang sudah melaksanakan berbagai pekerjaan soal bangunan. Mulai dari jasa desain rumah, villa, apartemen hingga pabrik atau gudang.

Jasa arsitek memahami betul bagaimana cara membangun rumah yang ideal untuk kliennya. Maksud dari kata ideal disini adalah yakni bangunan rumah yang fungsional sekaligus memiliki estetika atau keindahan.

Anda sebagai klien cukup hanya memberikan referensi seputar konsep gaya desain sesuai selera. Nantinya, pihak arsitek selaku jasa desain rumah akan memberikan solusi terbaik untuk membangun sebuah rumah yang ideal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *