Cara Melakukan Latihan Pernafasan Selama Kehamilan

senam pernafasan ibu hamil, Cara Melakukan Latihan Pernafasan Selama Kehamilan, senam ibu hamil

Cara Melakukan Latihan Pernafasan Selama Kehamilan – Latihan pernafasan sangat bermanfaat untuk melancarkan persalinan. Selain itu serangan kontraksi yang berlebihan ketika persalinan juga bisa diminimalisir dengan rutin melakukan latihan pernafasan ketika hamil. Latihan pernafasan tidak hanya berfungsi melancarkan persalinan saja namun juga menjaga aliran oksigen dan karbondioksida sehingga ibu hamil bisa tercegah dari menahan nafas ketika kontraksi. Banyaknya manfaat latihan persalinan ini tentu membuat latihan pernafasan sangat perlu dilakukan. Artikel Terkait Kehamilan: Manfaat Asi sebagai Makanan Terbaik untuk Bayi

Olah nafas ini bisa dilakukan dimana saja. ada bisa melakukannya sesering mungkin sehingga nantinya akan terjadi reaksi secara alami. metode latihan pernafasan ini dikenalkan oleh Dr.Fernand Lamaze. Lakukan latihan pernafasan ini dalam kondisi rileks sehingga efeknya sangat besar untuk tubuh anda. variasi tekniknya sangat beragam. Anda perlu mengenalinya lebih lanjut agar latihan pernafasan lebih tepat. berikut ini beberapa contoh latihan pernafasan selama kehamilan yang bisa Senyum Bunda coba.

senam pernafasan ibu hamil, Cara Melakukan Latihan Pernafasan Selama Kehamilan, senam ibu hamil
Cara Melakukan Latihan Pernafasan Selama Kehamilan

Latihan Pernafasan Selama Kehamilan

  1. Slow breathing

Latihan pernafasan ini terbilang mudah. caranya dengan menarik nafas perlahan kemudian setelah hitungan 1-3 anda bisa mengeluarkannya melalui hidung secara perlahan. Lakukan dalam kondisi rileks. Anda bisa mencobanya secara rutin sehingga ketika persalinan sangat membantu untuk mendorong bayi keluar tubuh.

  1. Blowing breathing

Blowing breathing merupakan latihan pernafasan dengan menarik udara melalui hidung secara perlahan. Kemudian keluarkan melalui mulut. Lakukan pernafasan ini seperti halnya anda meniup lilin. Lakukan secara teratur. Latihan pernafasan ini bermanfaat untuk membuat nafas lebih teratur dan merilekskan anda.

  1. Patterned breathing

Berbeda dengan blowing breathing, patterned breathing merupakan latihan pernafasan cepat. caranya dengan menarik nafas dari hidung kemudian membuangnya secara cepat melalui mulut dengan 2-3 hitungan. Teknik ini juga penting ketika menghadapi persalinan nanti. Anda akan terbiasa mengatur pernafasan ketika sedang mengejan.

  1. Cleansing breath

Cara pernafasan ini dilakukan secara berlawanan dengan patterned breathing. Tarik nafas dalam-dalam dari hidung hingga dalam kemudian keluarkan secara perlahan melalui mulut. Pernafasan satu ini akan merilekskan pikiran anda dan membantu persalinan lebih lancar. Lakukan secara bertahap dengan posisi rileks.

  1. Posisi duduk

Selain itu perhatikan posisi duduk anda. caranya dengan memosisikan punggung, kepala dan leher tegak dan rileks. Kemudian tarik nafas dengan hitungan 1-4. Setelah itu keluarkan dengan hitungan yang sama melalui hidung. Ulangi sampai nafas menjadi berirama dan tubuh lebih rileks.

  1. Gerakan tangan ringan

Lakukan pula latihan dengan menggerakan kedua tangan secara bersamaan kemudian sejajarkan diatas kepala. Tahan nafas dalam 5-6 hitungan kemudian embuskan secara perlahan dibarengi dengan diturunkannya tangan ke bawah. Ulangi kembali cara tersebut hingga 10 kali.

Demikianlah berbagai cara melakukan latihan pernafasan selama kehamilan. selain efektif untuk persalinan, latihan ini juga bermanfaat untuk merilekskan pikiran ibu hamil. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *